Tuesday, November 12, 2013

Teknik - teknik dalam Hipnoterapi

Pada tulisan kali ini, saya akan membahas tentang beberapa teknik yang saya gunakan di dalam ruang hipnoterapi saya.
Sebelum saya memberikan tulisan tentang teknik - teknik hipnoterapi, mungkin saya memperkenalkan diri sedikit. Narsis sedikit tidak apa - apa ya :-D

Saya adalah seorang hipnoterapis di Denpasar Bali. Sampai saat ini, saya masih menjadi seorang hipnoterapis aktif, maksudnya adalah saya aktif menerima klien dalam sesi hipnoterapi private (one on one). Disamping aktif sebagai seorang hipnoterapis, saya juga mengisi sesi sesi seminar baik public maupun in-house training.
Teknik - teknik yang akan saya ceritakan disini, merupakan teknik - teknik yang saya gunakan di dalam ruang terapi saya, yang sudah terbukti efektif dan efisien dalam membantu klien yang datang.

Teknik - teknik dalam Hipnoterapi
  1. Regresi
    Salah satu teknik yang sampai saat ini saya hanya temukan dalam hipnoterapi, yaitu Regresi. Regresi adalah teknik dimana seorang hipnoterapis membawa mundur klien menuju ke masa lampau klien, dimana disana terletak akar masalah yang dihadapi oleh klien.
    Untuk melakukan teknik ini gampang - gampang susah. Gampang kalau tahu caranya, dan susah kalau tidak tahu caranya :-))
    Untungnya di dalam pelatihan hipnoterapi yang saya ikuti, saya memang disiapkan untuk menjadi seorang hipnoterapis, oleh karena itu pembahasan mengenai regresi ini benar - benar dibahas sampai dalam.
    Ada 2 inti yang saya sampaikan disini, untuk melakukan regresi. Yang pertama yaitu menggunakan emosi, dan yang kedua yaitu menggunakan perasaan sakit / tidak nyaman yang dialami klien.
    Setelah itu dipegang oleh klien, berbekal itu hipnoterapis membawa klien mundur menyusuri garis waktu untuk menuju ke masa lampau.
  2. Teknik NLP Modifikasi
    Ada cukup banyak teknik NLP yang digunakan di dalam ruang terapi saya, yang telah sedikit dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga dapat digunakan di dalam sesi hipnoterapi. Salah satunya adalah FPC (Fast Phobia Cure). Teknik ini sangat luar biasa, apalagi untuk menghilangkan phobia tertentu dari klien.
  3. HEFT
    EFT sendiri saat ini sudah banyak dibahas di dunia maya ini. Memang ini adalah tool yang sangat luar biasa untuk meng-nol-kan emosi yang membandel. Teknik yang saya gunakan di dalam ruang terapi saya, yaitu Hypno EFT, merupakan EFT yang dimodifikasi oleh Adi W. Gunawan - guru hipnoterapi saya, supaya lebih efektif dalam meng-nolkan emosi tersebut.
Untuk saat ini saya tulis 3 dulu saja. Di lain kesempatan, mungkin saya bahas teknik - teknik yang lain, atau mungkin menjelaskan 1 teknik dengan lebih mendalam.

No comments:

Post a Comment